Inovasi Pokja Penguatan Kualitas Pelayanan Publik
Tahun 2024
Nongki Deng Noni
NONGKI DENG NONI (Ngobrol saling diskusi dengan pegawai non teknis dan frontliner) merupakan kegiatan pendekatan secara langsung berupa pertemuan dan komunikasi dua arah secara periodik dengan petugas Outsourcing dan Frontliner (supir, security, Cleaning Service, petugas pelayanan publik/penerima tamu.
PINTU MAPALUS KAWANUA
PINTU MAPALUS (informasi terpadu
kemandirian dan pendampingan pelaku
usaha) KAWANUA merupakan inovasi dalam
pendampingan UMKM meliputi kegiatan
pendaftaran pendampingan, informasi alur
layanan beserta persyaratan, dan
perhitungan informasi nilai gizi.
1000 Toga
(Komunikasi Informasi Edukasi 1000 Tokoh Agama)
1000 TOGA merupakan program pemberdayaan tokoh agama dan ormas untuk melaksanakan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) kepada masyarakat.
PEKA MELATI
Peka Melati (Penyediaan Pelayanan
Kelompok Rentan Dengan Melayani
Sepenuh Hati) merupakan inovasi yang
diterapkan dalam rangka peningkatan
kualitas pelayanan publik ramah
terhadap kelompok rentan.
Tahun 2023
Nongki Deng Noni
NONGKI DENG NONI (Ngobrol saling diskusi dengan pegawai non teknis dan frontliner) merupakan kegiatan pendekatan secara langsung berupa pertemuan dan komunikasi dua arah secara periodik dengan petugas Outsourcing dan Frontliner (supir, security, Cleaning Service, petugas pelayanan publik/penerima tamu.
Pintu Mapalus
(Percepatan Pendampingan UMKM)
Inovasi Pintu Mapalus bertujuan untuk mempermudah para pelaku usaha untuk mendapatkan informasi sekaligus pendampingan untuk pengurusan izin usaha
Mekanisme kegiatan inovasi ini, antara lain:
- Koordinasi dengan lintas sektor terkait, diantaranya PTSP terkair perizinan NIB, Dinas Kesehatan terkait izin PIRT dan UMOT, serta kantor pajak untuk pembuatan NPWP
- Pendataan UMKM yang memerlukan pengurusan izin usaha (NIB, NPWP, PIRT, dan UMOT)
- Pelaksanaan Pendaftaran NIB secara Road Show
- Dokumentasi Kegiatan berupa video testimoni dan foto kegiatan
KIE 1000 Toga
(Komunikasi Informasi Edukasi 1000 Tokoh Agama)
Kegiatan Training of Trainer 1000 Tokoh Agama (1000 Toga) se-Sulawesi Utara merupakan inovasi dari Balai Besar POM di Manado dalam rangka memperkuat pengetahuan masyarakat untuk dapat terhindar dari obat dan makanan yang ilegal dan membahayakan kesehatan. Kegiatan initidak lepas dari kerja sama dengan pihak kantor wilayah kementrian Agama Provinsi Sulawesi Utara yang telah mendukung dengan melibatkan penyuluh agama di bawah binaannya untuk dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyampaikan informasi keamanan obat dan makanan.
Simpel Sampel
(Sistem Pelayanan Digital Pengujian Sampel Eksternal Berbasis Online)
Simpel Sampel merupakan Aplikasi transformasi untuk menjawab tantangan dan tuntutan perkembangan kebutuhan pelayanan publik untuk pelayanan publik pengujian sampel eksternal/pihak ketiga di
Balai Besar POM di Manado yang melayani pengujian di wilayah Provinsi Sulawesi Utara bahkan Provinsi Gorontalo.
Pelayanan permohonan dan informasi terkait pelayanan ini termaktub dalam sistem berbasis online agar pelayanan berjalan semakin efektif dan efisien baik baik internal maupun eksternal.
Fitur yang dihadirkan dalam Simpel Sampel adalah sebagai berikut :
- Berbasis online sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun;
- Permohonan dan konsultasi dapat dilakukan secara online;
- Konsumen maupun internal BBPOM di Manado dapat mengakses informasi tahapan/tracking pelayanan pengujian secara terkini;
- Fitur downloading sertifikat hasil uji secara;
- Ketertelusuran dan otentikasi produk sertifikat hasil uji berbasis QR Code.Data bisa disimpan dan diakses secara private oleh Konsumen.
- Kemudahan pengelolaan administrasi dan monitoring bagi internal BBPOM di Manado;
Tahun 2022
Pawang Waseng
(Pendampingan Minyak Tawaang Warisan Nenek Moyang)
- Inovasi ini bertujuan untuk mempermudah pelaku usaha dalam memperoleh informasi dan pendampingan, hingga memperoleh izin edar, khususnya product local wisdom Provinsi Sulawesi Utara, yakni Minyak Tawaang
- Inovasi ini merupakan kerjasama antara BBPOM di Manado dengan BUMN Kimia Farma
Ta Pe UMKM
(Percepatan Pendampingan UMKM)
Inovasi TA PE UMKM bertujuan untuk mempermudah para pelaku usaha untuk mendapatkan informasi sekaligus pendampingan untuk pengurusan izin usaha
Mekanisme kegiatan inovasi ini, antara lain:
- Koordinasi dengan lintas sektor terkait, diantaranya PTSP terkair perizinan NIB, Dinas Kesehatan terkait izin PIRT dan UMOT, serta kantor pajak untuk pembuatan NPWP
- Pendataan UMKM yang memerlukan pengurusan izin usaha (NIB, NPWP, PIRT, dan UMOT)
- Pelaksanaan Pendaftaran NIB secara Road Show
- Dokumentasi Kegiatan berupa video testimoni dan foto kegiatan
KIE 1000 Toga
(Komunikasi Informasi Edukasi 1000 Tokoh Agama)
Kegiatan Training of Trainer 1000 Tokoh Agama (1000 Toga) se-Sulawesi Utara merupakan inovasi dari Balai Besar POM di Manado dalam rangka memperkuat pengetahuan masyarakat untuk dapat terhindar dari obat dan makanan yang ilegal dan membahayakan kesehatan. Kegiatan initidak lepas dari kerja sama dengan pihak kantor wilayah kementrian Agama Provinsi Sulawesi Utara yang telah mendukung dengan melibatkan penyuluh agama di bawah binaannya untuk dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyampaikan informasi keamanan obat dan makanan.
Simpel Sampel
(Sistem Pelayanan Digital Pengujian Sampel Eksternal Berbasis Online)
Simpel Sampel merupakan Aplikasi transformasi untuk menjawab tantangan dan tuntutan perkembangan kebutuhan pelayanan publik untuk pelayanan publik pengujian sampel eksternal/pihak ketiga di
Balai Besar POM di Manado yang melayani pengujian di wilayah Provinsi Sulawesi Utara bahkan Provinsi Gorontalo.
Pelayanan permohonan dan informasi terkait pelayanan ini termaktub dalam sistem berbasis online agar pelayanan berjalan semakin efektif dan efisien baik baik internal maupun eksternal.
Fitur yang dihadirkan dalam Simpel Sampel adalah sebagai berikut :
- Berbasis online sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun;
- Permohonan dan konsultasi dapat dilakukan secara online;
- Konsumen maupun internal BBPOM di Manado dapat mengakses informasi tahapan/tracking pelayanan pengujian secara terkini;
- Fitur downloading sertifikat hasil uji secara;
- Ketertelusuran dan otentikasi produk sertifikat hasil uji berbasis QR Code.Data bisa disimpan dan diakses secara private oleh Konsumen.
- Kemudahan pengelolaan administrasi dan monitoring bagi internal BBPOM di Manado;